HP Monochrome dengan Layar 1 Baris Masih Keren
Awal tahun 2000-an, HP pertama yg ane punya adalah Erricson T10 yg layarnya cuma sebaris doang gan. Jaman ane awal kuliah taon 2001, belum semua temen punya HP. Ane termasuk mahasiswa kere yang udah punya HP waktu itu, kurang lebih prosentase 1 per 50 mahasiswa lah yg punya HP waktu itu. Selain ane kebanyakan yg punya anak orang kaya. Itu pun buat ane udah keren banget! Bandingin jaman sekarang gan.. #barangantik


Sekarang dah era smartphone hingga tablet. Gak kebayang jaman sekarang HP bisa touchscreen kaya gini. 1 dekade yang lalu hape touchscreen cuman ilustrasi di film2 doang ponsel yang ada saat ini. Dulu format sound cuma MIDI. Skrg hape china di bawah 500 rebu dah dapat touchscreen, televisi, radio, kamar mandi dalam, dll. Masih inget gak jaman segitu jamannya download ringtone ama download wallpaper.. karena belom eranya hape pake slot microSD, dll. Sebelum hape nongol, ada era kejayaan dari alat penyeranta pesan bernama PAGER!

Quote:
Leasing atau Kredit Mobil Motor Belom Booming
Dulu satu rumah punya 1 motor udah Alhamdulillah banget gan. Punya motor ketauan banget kalau memang secara finansial di atas rata-rata. Lha kalau sekarang, bokap nyokap sama anak2 semua pegang motor satu persatu. Cukup dengan uang muka 500 ribu sudah bawa pulang motor, urusan bulan kesekian ribut ama tukang tagih dipikir belakangan. Apalagi kalau mau hari raya, widih pada kredit motor masal, yang penting lebaran motor baru, perkara ntar habis lebaran ditarik sama pihak leasing karena nunggak iuran terus.. itu dipikir belakangan. Kalau di daerah debt collector masih rada sopan, nah kl di Jakarta mata elang siap menteror para penunggak.


Praktek ribawi ini semakin terasa mencekik kaum marginal ketika marketing leasing banyak yang koplak, sekedar kejar target kongkalingkong sama bagian survei. Keluarga yang secara kasat mata ekonominya byar pet aja dengan mudahnya diloloskan pengajuan kreditnya.

Quote:
Isi Pulsa Pra Bayar Fisik Minimal 100 Ribu
Awal tahun 2000-an dll. Harga kartu perdana masih mahal, dan belom ada isi ulang elektronik macem jaman sekarang. Belinya juga kl ane waktu itu dulu di XL Center, kagak diecer macem dipinggir jalan seperti sekarang. Sekere-kerenya waktu itu, minimal nabung 100 ribu.. atau angus gan!! Uang makan kadang bablas buat beli pulsa. SMS masih mahal, 350 rupiah. Kagak ada SMS gratis ama telepon gratis macem sekarang.

Quote:
Telepon Umum Coin dan Kartu Telkom Masih Digemari
Sekarang kartu telkom magnetik sudah tidak digunakan dan telepon umum coin bisa dibilang hampir punah. Telepon umum koin hanya tinggal tersedia di Plasa Telkom. Ada yg dulu suka jahil ‘hacking’ telpon coin?

Quote:
Warnet Wavelan Speed 128 Kbps Sampe Ngantri
Jaman monitor warnet masih tabung CRT, jaman OS masih pake Windows 98, jaman memory RAM 128 Mb masih termasuk kenceng, jaman hardisk 20 Gb merupakan kapasitas idaman, jaman belon ada DVD-ROM.


Jadi keinget waktu dulu ane inget ngenet pertama kali taon 94/95 via Wasantara Net yg tersedia di Kantor Pos Kota. Waktu itu speednya berapa yah? Mungkin masih 32 atau 64 Kali yah? Era Netscape Navigator!

Quote:
Dulu Manusia Belum Kecanduan Social Media
Sekarang sebagian kita seolah tak sanggup berpisah dengan yang namanya social media. Sekarang bangun tidur bukan ku terus mandi, tapi kuterus update status. Mau tidur bukan cuci kaki dan gosok gigi, tapi update lagi

Quote:
Lega Calcio Serie A Masih Jaya
Dulu EPL, La Liga dan Bundes Liga belum terkenal seperti sekarang di Indonesia. Lionel Messi dan Christiano Ronaldo belom kondang seperti sekarang! Masih era Beckham dan Ronaldo kuncung.

Quote:
Belom Ada Battle Indomaret Vs Alfamart
Dulu mah kalau di Jogja ane inget bener yang lebih dulu ngetren itu macem Circle-K.. dan itu pun berasa berkelas dan exclusive. Masyarakat umum gak semuanya berani masuk. Pasar tradisional dan toko kelontong masih jaya!

Quote:
Dulu Pewarna Textile Hanya Buat Kain, Sekarang Juga Buat Makanan!
Sekarang mengkonsumsi makanan musti hati-hati, karena bahan-bahan berbahaya digunakan dibanyak produk makanan oleh para pedagang nakal. Dulu awalnya yang terkenal pemakaian boraks sama formalin, seiring waktu dan naiknya harga.. pewarna tekstil pun digunakan sebagai pewarna makanan. Dan yang paling sering jadi korban produk makanan berbahaya ini adalah para pelajar SD. Mungkin lama-lama pelaku industri tekstil jadi ketularan gila, biar ongkos produksi murah.. pewarna makanan buat warnain kain-kain tekstil. Dijamin luntur!

Quote:
Internetan Belom Pake Modem USB
Juragan sekalian inget gak, tahun berapa pertama kali beli modem USB? Dulu awal-awal modem keluar tipenya pcmcia yang ada slot khusus di laptop. Ketika jaman itupun laptop masih barang mewah. Dulu mana ada operator selular jual paket data bundle modem. Dulu awal ane pake paket data modemnya via modem hape, tahun 2006.

Quote:
Masih Merasakan Era Menyimpan Data Pake Disket
Sejak SMP ampe jaman kuliah, disket adalah teknologi wow. Dari disket ukuran gede bisa buat kipas, ampe yg ukuran kecil berwarna-warni. Jadi inget lantas muncul flashdisk, ane beli flashdisk pertama taon 2006, merek kingston 128 MB harga 300-an rebu. Hardisk kapasitas 20 GB aja waktu itu masih jadi most wanted.

Disket ini berkapasitas 1.44 MB Gan! Flashdisk agan kapasitas berapa?

Komparasi: Flashdisk 16 GB setara dengan 11.000 disket. Crot!

Pernah ane ngerasain kisah pilu bersama disket! Jadi jaman kuliah ane lagi ngerjain tugas kelompok, nah besok musti dikumpulin. Malam musti digabungin materinya di komputer temen yg rumahnya jarak 15 KM. Ane simpen materinya di disket, setelah seharian melototin komputer cap jangkrik milik ane. Pas mau berangkat.. hujan deras. Akhirnya dg vespa butut ane nekat berangkat ditengah derasnya hujan.. dan ternyata vespa mogok di jalan. 1 jam kemudian sampailah ane di tujuan, disambut suara meriah teman2 yg nungguin sambil makan pisang goreng hangat. Akhirnya disket ane serahin.. lantas dimasukin ke floppy drive. Tarraaa…. dan ternyata disketnya rusak alias modiaarrr gan! #frustasiplusmasukangin. Emosi dan naik pitam.. disket pun refleks ane banting!

Quote:
Punya Walkman/Discman Berasa Keren Beut Gan!
Masih sempet ngerasain era walkman hingga discman gan? Ane keinget kalau pas bawa walkman/discman, cantolin disamping trus pake headphone di telinga.. beeuuuhh berasa keren dan gaul abis gan! Dulu ane kalau mudik naek bis gan, kl gak dapat tempat duduk ane ga bingung.. discman dikeluarkan, jauhnya perjalanan dan lelahnya kaki berdiri dapat terlupakan, selama baterai discman-nya kagak habis di tengah perjalanan.

Quote:
Jaman Masih Era Ebtanas, Jarang Siswa dan Orang Tua yang Stres!
Bayangin dengan jaman sekarang yang eranya UN (Ujian Nasional), ketika banyak siswa dan para orang tuanya pada stres dan parno soal ketidak lulusan. Dari kelakuan guru yang memaksa kasih bocoran, berbagai teknik mencontek siswa, hingga uang belasan juta untuk beli jawaban soal. Koprolnya moralitas!

Quote:
Minyak Tanah Adalah Bahan Bakar Memasak Terpopuler
Sebelum Pak Jusuf Kalla memprakarsai dan memperjuangkan penggunakan bahan bakar gas tabung 3 Kg untuk masyarakat luas, orang desa ampe orang kota beberapa tahun yang lalu masih menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar memasak yang paling populer dan dianggap paling terjangkau. Gak kebayang deh seperti sekarang, hampir semua rumah sekarang pakai bahan bakar gas. Dulu tabung gas elpiji hanya ada 12 Kg doang.

Quote:
Wartel Masih Menyisakan Masa Kejayaan Era Fixed Line
Jadi keinget jaman awal tahun-tahun 2000-an yang namanya wartel masih menjadi solusi komunikasi andalan dan telepon umum koin masih mudah ditemukan. Masih keinget juga selain butuh buat telpon, ke wartel buat kirim fax.. jaman email belum ngetren jadi sarana komunikasi global. Kadang antri ampe garing nunggu orang pacaran

Quote:
Helm Bathok/Cetok Masih Menjadi Pelindung Kepala Masal
Era emas kebebasan menggunakan berbagai model dan jenis helm. Kagak pake butuh sertifikasi SNI apalagi ISO 9001/9002.. yang penting bisa buat nutupin kepala, ya sekedar formalitas berlalu-lintas. Dari yang bahannya tebel, ampe yang tipis banget setara ketebalan ember harga nego. Harganya? 20-an ribu msh bisa nego gan

Quote:
Booming Layanan Telepon dan SMS Premium
Dari masalah cinta-cintaan gombal mukiyo.. sampe urusan pria-pria kesepian butuh temen curhat via telepon premium. Dari masalah pekerjaan, semisal: “Kamu Tidak Cocok Kerja di Air”.. sampe pengen kaya instant.

Quote:
Kamera Fotografi Masih Pake Roll Film dan Sistem Afdruk
Sekarang udah era serba digital, eranya memory card bro. Mulai kamera pocket sampe SLR udah digital. Kagak ribet lagi afdruk film negatif dan setelah itu milihin hasilnya, trus nunggu cetak beberapa hari, trus dengan telaten dimasukin ke dalam album foto satu persatu.

Quote:
Masyarakat Indonesia Belom Kecanduan Blackberry Messenger
Ane nukilkan petikan berita dari DetikNet dengan judul Ortu Ketagihan BlackBerry, Anak Terlantar : “Alhasil, anak kecil dan remaja di AS kini harus bersaing dengan Blackberry demi mendapat perhatian orangtua mereka. Bob Ledbetter Jr misalnya, suatu hari ia dan saudara kandungnya tidak digubris ayahnya yang sedang asyik mengoperasikan ponsel BlackBerry, meski telah memanggilnya berulang kali.”

Fenomena di atas tak hanya terjadi di Amerika saja, namun juga termasuk di Indonesia Raya.

Quote:
Dulu Gadget Game adalah Nitendo dan Game Watch
Siapa yang tak kenal Mario Bros? Atau permainan Tetris yang terinstall di jutaan gembot di seluruh dunia? Agan pernah ngerasain ngabuburit nunggu berbuka sambil maen tetris di gamebot? Atau pernah maen gembot Casio Western Bar? Itu fenomenal dan keren banget gan. Sekarang semua itu tinggal kenangan di era kejayaan PSP.

Quote:
Yahoo! Masih Berjaya Sebagai Search Engine
Di awal tahun 2000 ane masih inget menggunakan Yahoo! sebagai pilihan utama search engine. Baru kemudian mulai booming-lah Google di pertengahan tahun 2000-an. Dan dari tahun ke tahun, pamor Yahoo! pun meredup dengan signifikan. Hanya tersisa Yahoo! Mail dan Yahoo! Messenger yang masih banyak digunakan masyarakat

Quote:
Chatting Pake mIRC yang fenomenal
Anak-anak jaman sekarang gak sempet ngerasain chatting ala mIRC.. ketika Yahoo! Messenger belum tenar!


Quote:Original Posted By aan2307
Jadi inget jaman dulu dan inget waktu pertama ketemuan sama istri sy gan, chatting melalui mIRC dan akhirnya kt ketemuan dan pacaran selama 2 tahun akhirnya kita menikhah

Quote:
Fenomena Masa Lalu yang Lainnya
Sinetron Tersanjung Masih Eksis Sampe Season 7!Busyet dah sinetron yang satu ini, Cinta Fitri-pun tak mampu memecahkan rekor episodenya. Dan pada akhirnya.. ditutup oleh Tersanjung Season 7. Padahal per season jumlah episodenya gak ketulungan. Ane masih inget… mbak2 yg jadi pembantu di rumah ane sampe marah2 sama ane, gara2 chanel TV-nya ane ganti ke saluran lain.. pas dia diminta bikinin kopi sama bokap. Bayangpun gan.. gara2 Tersanjung, pembantu ane ‘tega’ maki2 ane!

Dulu awal tahun 2000-an yang ada Internet Banking cuma BCASelain bank BCA, untuk urusan transfer dan check saldo kita musti meluncur ke ATM terdekat dan juga antri.

Generasi 4L4Y3RS Belom Muncul ke Permukaan NusantaraBelom ada gaya rambut poni alay yang nutupin mata kaya gorden kaca rumah. Belom ada pula bahasa dan SMS 4L4Y yang sangat sulit dicerna kaum tua, berasa baca kode morse, yang bikin ortu emosi baca SMS anaknya.

Rental Komputer dan Pengetikan Masih BerjayaJaman sekarang 1/4 pelajar SMA punya laptop, 1/2 dari mahasiswa punya laptop. Bahkan anak TK pun udah maenannya netbook sama iPad. Printer juga murah kaya kacang godok. Tak ayal banyak bisnis rental mati suri.

Dulu Sepakbola Indonesia Belum Kacau & Minim NaturalisasiHaduh.. lha sekarang sepakbola Indonesia prestasinya jadi gak jelas. Dulu pemain sepakbola bersatu membela kehormatan merah putih. Sekarang terpecah-pecah ngikuti aturan liga dan pelatih masing-masing. Selain itu proses naturalisasi terjadi dengan begitu gencarnya untuk memperkuat tim yang ada.

Tinggalkan komentar anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s