INILAH ORANG-ORANG YANG SUKSES TANPA MODAL

Posted: 12 Agustus 2013 in Artikel

Agan mau sukses cuma ga punya modal?
Belajar dari orang-orang ini gan:

1. George Soros


Siapakah dia?
George Soros adalah pemain bursa pasar uang yang paling banyak menghasilkan uang.
Namanya menjadi perhatian ketika Rabu 16 September 1992 ia menjual 10 Milyar Poundsterling (170 Triliun) dalam 1 malam dan mengakibatkan Bank of England harus mendevaluasi mata uangnya dan merugi £3.4 Milyar (Sekitar Rp50 Triliun). Diperkirakan Soros memperoleh untung US 1,1 Miliar (Rp9,9 Triliun) dalam satu malam..
Awalnya ;
Soros muda kuliah di London School of Economic setelah keluarganya lari dari Hunggaria akibat tekanan politik pada masa Perang Dunia I. Untuk memenuhi biaya kuliahnya ia bekerja sebagai poter di stasiun kereta api, menjadi pelayan di restoran dan menjadi buruh pabrik mannequin tetapi kemudian dipecat karena dianggap tidak terampil.

Pelajaran:
Sebagian besar dari kita mungkin mengatakan tidak punya modal, tapi ane yakin, sebagian besar dari kita saat ini lebih beruntung dari soros di masa lalu. Karena itu tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa kita tidak punya modal.

2. Walt Disney


Siapakah dia?
Walt Disney merupakan kartunis tersukses di dunia yang telah menghibur milyaran orang dengan karya-karyanya.
Atas dedikasinya ia telah menerima 900 tanda penghargaan, 32 Oscar, 5 Emmy, dan 5 Gelar kehormatan Doktor Honoris Kausa, serta manjadi salah satu orang terkaya di dunia. dan kini filmnya kini ditonton oleh seluruh dunia.
Awal ;
Ketika Disney memutuskan berhenti kerja dan membangun bengkel seninya ia meminjam tempat dari sebuah restoran, dan sebagai bayarannya ia membuatkan poster-poster gratis untuk restoran tersebut. Nyaris tanpa modal. Lalu Disney melamar kerja di Kansas City Film Ad Company untuk mendalami animasi kartun. Ia sering meminjam kamera dan melakukan percobaan berbagai trik baru dalam animasi kartun. Dari pekerjaan tersebut ia bisa membeli kamera sendiri dan membangun bisnis kembali. Karena sifatnya yang perfeksionis ia justru bangkrut lagi. Filmnya bagus dan populer, tetapi tidak menghasilkan laba karena produksinya terlalu mahal. Lalu ia merantau dan mengadu nasib ke Hollywood. Di sana ia berhasil meremix film lamanya dan sukses hingga akhirnya berlanjut menjadi besar.

Pelajaran:
Modal tidak selamanya uang . Dengan pendekatan yang tepat, kreativitas, kredibilitas, profesionalitas juga bisa menjadi modal kita membangun bisnis. Bahkan karya lama pun bisa dijual.

3. Conrad Hilton


Siapakah dia?
Conrad Hilton adalah pendiri jaringan hotel Hilton. Ketika meninggal pada tahun 1979, di usianya ke-91 tahun, ia mewariskan 185 Hotel di Amerika dan 75 Hotel di luar negeri. Kini Hilton Internasional mengoperasikan 2.800 Hotel, 480.000 ruang di 76 Negara. Pada tahun 2006 Hilton mencetak pendapatan US$8.16 Milyar (73.4 Triliun Rupiah).
Diperkirakan nilai Hilton Hotel Corp mencapai US$ 26 Milyar.

Awal ;

Ketika krisis keuangan melanda keluarganya, Hilton kecil memberikan ide untuk menyewakan kamar kosong di rumahnya untuk jasa penginapan dengan tarif US$ 1 per malam.
Hilton bertugas mempromosikan kamar tersebut di stasiun kereta terdekat. Dari hasil usaha tersebut Hilton bisa kuliah dan berkarir. Tetapi karirnya hancur dan ia punya sisa tabungan US$ 5000. Dalam kegalauannya, ia menemukan seorang pemilik hotel kecil yang menjual hotelnya US$ 20.000 (200juta). Untuk tambahan modal Hilton meminjam di bank dan temannya.

Pelajaran yang bisa kita ambil:
Di Amerika banyak sekali yang mempunyai uang sebesar US$ 5000 di tabungan mereka, bedanya Hilton bisa mengubah US$ 5000 tersebut menjadi aset milliaran dollar.

4. Sukamdani Sahid Gitosardjono


Siapakah dia?
Tidak banyak prang Indonesia yang mampu menjadikan namanya sebagai lambang hotel prestisius dan ternama sebagaimana Sahid. Ia mempunyai 14 hotel mencakup 2750 kamar dan sudah menerima 15 tanda jasa dan bintang kehormatan atas karyanya.

Quote:Apakah ia berasal dari keluarga kaya raya??
Sukamdani lahir di Solo, 14 Maret 1928. Masa kecilnya dijalani di Sukohardjo, Solo, Ketika Sukamdanii kecil, kehidupan orangtuanya prihatin. Bapaknya R. Sahid Djogosentono membuka usaha jahitan. Sedang ibunya membuka warung kecil-kecilan yang menjual makanan kecil. Dalam usia 8 tahun, Sukamdani sudah membantu kedua orang tuanya mencari nafkah. Selain membantu bapaknya, ia juga membantu ibunya berjualan. “Untuk menyiapkan keperluan barang dagangan, saya ke pasar berbelanja membeli sabun, teh, rokok, pisang dan kelapa,” cerita Sukamdani. Tiap kali dagangan laku, ibunya memberi persenan. Uang itu ditabung. Kalau sudah banyak Sukamdani membeli ayam. “Kalau ayam sudah banyak, saya jual lalu dibelikan kambing. Setelah kambing saya banyak, saya jual untuk beli kerbau,” kenangnya. Di saat liburan Sekolah Sukamdani membantu menuai padi di sawah.

Tahun 1952, Sukamdani muda merantau ke Jakarta untuk memperbaiki nasib, Waktu turun dari kereta api di Stasiun Gambir, modalnya hanyalah sebuah kopor dan sebuah sepeda. Ia sempat bekerja di Depdagri. Tapi dengan pertimbangan penghasilan, lalu keluar dan bekerja di percetakan NV Harapan Masa. Dengan penghasilan yang pas-pasan, Sukamdani berani menikah dengan Juliah, kekasihnya waktu di Solo. Pasangan itu menyewa rumah berdinding gedeg. Kamarnya hanya satu berukuran 3 x 3.

Karena keuletannya, apalagi setelah membuka usaha percetakan sendiri, Sukamdani berhasil membeli tanah di tempat ia menyewa rumah itu. Dan, tanah itu, tak lain adalah tempat berdirinya Hotel Sahid Jaya sekarang di Jalan Sudirman.

Pelajaran:
Segalanya bisa dimulai dari bawah, jika keuangan dikelola dengan baik.

5. Aristotle Onassis

Siapakah dia?
Onassis adalah jutawan Yunani yang sempat bertengger dalam deretan orang terkaya di dunia . Bisnis jual beli kapal alut telah menjadikannya orang yang sangat kaya raya.

Awal;
Onassis pergi ke argentina pada usia 17 Tahun hanya dengan membawa bekal US$ 450, tanp ijazah (karena ia tidak lulus SMA), tanpa koneksi dan tanpa pengalaman kerja.
Ia memulai dengan bekerja sebagai kenek tukang batu , kuli pengangkut bata, tukang cuci piring restoran, dan kerja magang sebgai instalator listrik. Onassis minta shift malam sehingga di siang hari ia bisa melakukan hal lain. Kebangkitan Onassis bermula dari keberhasilan nya meyakinkan pengusaha tembakau, Juan Gaona, yang didekatinya selama 15 hari untuk menjadi perantara pembelian tembakau dari yunani dengan mendapat komisi 5%, dan Onassis swlalu mengatakan bahwa kesuksessannya bermula dari komisi tersebut. Selanjutnaya ia mengembangkan bisnisnya ke penjualan kapal bekas yang diperbaiki, hingga bisnis tersebut membawanya menjadi orang terkaya di dunia.

Pelajaran:
Onassis memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi perantara antara petani tembakau di Yunani dan pedagang argentina.

6. Konosuke Matsushita

Siapakah dia?
Siapa yang tidak kenal Panasonic. Raksasa merek dagang jepang ini merambah di seluruh dunia . Konosuke Matsushita adalah tokoh di balik suksesnya Panasonic.

Awal ;

Ketika memutuskan untuk berhenti dari Osaka Electrik Light dan memulai bisnis sendiri, ia mempunyai tabungan sebesar 20 yen dan mendapat pesangon sebesar 43 yen. Dengan nilai 62 yen ia memulai bisnis rumah kontrakan yang berukuran sekitar 40 meter persegi.

Untuk membantu meringankan beban keluarga, di usia 9 tahun Konosuke dikirim ke Osaka untuk menjadi pembantu rumah tangga, merawat anak majikannya dengan gaji 10 sen per bulan. Ketika remaja Konosuke bekerja pada pabrik sepeda dan mulai belajar mengelola usaha. Karena tertarik pada trem listrik, ia pindah ke pabrik Osaka Electric Light. Setelah 7 tahun bekerja dan cukup menguasai kelistrikan, ia memutuskan untuk berhenti dan memulai usaha sendiri, dengan modal kecil hingga menjadi perusahaan raksasa.

Pelajaran:
Konosuke bekerja menjadi pegawai untuk belajar membangun perusahaan, bukan sekedar mencari uang.

7. JK Rowling

Siapakah dia?
Siapa yang tidak kenal Harry Potter, Film yang sangat disukai oleh semua kalangan. Film yang sangat sukses membuat para penontonnya terpukau oleh alur ceritanya. JK Rowling adalah penulis terkaya dan terbanyak penjualannya dalam sejarah.
Buku Harry Potter sudah terjual lebih dari 375 Juta kopi hanya dalam waktu 6 bulan. Lima belas juta pertama terjual pada 24 jam pertama.
Kini JK Rowling menduduki peringkat ke-552 dari 587 orang terkaya didunia versi majalah asal AS, FORBES dalam usianya 38 Tahun.

Awal ;

Ibu tunggal yang harus menghidupi anak-anaknya dengan hidup serba kekurangan. Pada awal menulis kisah Harry Potter, ia sempat mendapat santunan dari pemerintah Inggris, karena masuk dalam kategori sebagai orang miskin yang layak mendapat santunan. Karena miskin, ia terpaksa mengetik ulang naskah hingga beberapa kopi dengan mesin tik tua manual yang murah, hanya karena tak mampu membayar biaya fotokopi.
“Anda mungkin tak pernah tahu, betapa menyedihkannya hidup tanpa uang sama sekali, Kecuali jika Anda sudah pernah mengalaminya, seperti yang aku alami,”
JK Rowling

Pelajaran:
Untuk menjadi sukses kita tidak harus menjadi sesulit kehidupannya dahulu, cukup dengan niat dan usaha.

8. Lakshmi Mittal

Siapakah dia?
pebisnis baja dari India, kini dikenal sebagai orang terkaya di Asia dengan kekayaan mencapai US$ 51Milyar (500 Triliun rupiah).
Lakshmi kini bermukim di london dan membeli rumah termahal dalam sejarah, Kensington Mansion, senilai US$ 128Juta (1,3 Triliun rupiah)
Ia juga menikahkan putrinya, Vanisha, dengan sebuah pesta pernikahan paling mewah abad 20. Konon untuk pesta itu, ia menghabiskan dana US$ 50Juta (500 Milyar).

Awal ;

Lahir dari keluarga miskin di Sidalpur, Churu, Rajashtan India. Saat kecil, ia dan keluarganya tinggal di sebuah rumah yang dihuni oleh 20 orang. Mereka hanya tidur di lantai, yang kadang beralaskan rotan. Untuk memasak, mereka membuat perapian dari tumpukan batubata di belakang rumah yang dibangun oleh kakeknya. Lakshmi Mittal sendiri merupakan anak dari keluarga Mohan. Mohan ayah dari Mittal ini memberikan nama awalan Lakshmi di depan nama anak-anaknya, yang berarti Dewa Kekayaan. Mohan merupakan orang tua yang mementingkan pendidikan buat anak-anaknya, ia sadar bahwa pendidikan merupakan bekal sukses buat anak-anaknya. Untuk itu, Mohan yang tahan kerja keras, berani mengajak keluarganya bermigrasi dari tempat kelahiran mereka di sebelah barat India, ke sebelah timur India, agar anak-anaknya bisa menempuh pendidikan yang lebih baik di wilayah timur India ini.

Pelajaran:
Pendidikan sangatlah penting dan jangan sia-siakan pendidikan yang telah kita pelajari sehingga akan berguna untuk kita suatu saat nanti.

9. Stan Lee

Siapakah dia?
Stanley Martin Lieber demikian nama aslinya. Lahir di New York 28 Desember 1922, ia terkenal sebagai pencipta tokoh komik yang paling berjaya. Karakter-karakter superhero karangannya telah menghasilkan miliaran dolar. Spider Man, Fantastic Four, X-Men, Avengers, Hulk, Iron Man, dan Thor adalah karakter superhero yang tak lekang zaman.

Awal ;

Tahun 1939 ia lulus SMA saat usianya baru 16 tahun. Pamannya kemudian menawarinya pekerjaan sebagai asisten di Timely Comic, sebuah perusahaan penerbit komik milik Martin Goodman yang baru didirikan. Timely Comic kelak berganti nama menjadi Marvel Comics yang terkenal itu.
Sumber ; http://www.kaskus.co.id/thread/51d4ce704f6ea1e559000004/orang-orang-yang-sukses-tanpa-modal/

Pada awalnya tugasnya sangat membosankan. “Pada saat itu para ilustrator mencelupkan penanya ke tinta dan saya harus memastikan wadah tinta penuh,” katanya mengenai pekerjaan awalnya. Namun karena minatnya yang tinggi pada dunia fiksi, ketika para ilustrator sedang makan siang, ia memeriksa hasil karya mereka, seperti memberi tanda jika ada kata-kata yang salah atau menghapus goresan pensil yang salah.

Dengan minat yang tinggi itu ia bisa cepat terlibat dalam pembuatan komik di Timely. Malah ia ikut menggarap serial komik Captain America yang diterbitkan perusahaannya. Ia membuat komik Captain America Comics No. 3 yang terbit tahun 1940. Saat itu ia menggunakan nama Stan Lee yang kelak menjadi nama populernya.

Tinggalkan komentar anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s