INILAH ALASAN BBM NAIK

Posted: 20 Juni 2013 in Artikel
Tag:, , , , , , ,

GONJANG GANJING,

Berita akan BBM seolah menjadi bahasan hangat dalam pekan terakhir. Menyita perhatian dari seluruh khalayak. Betapa tidak? BBM subsidi akan di cabut alias harga BBM akan naik menjadi IDR 6,500.pasti naik

Seluruh kalangan baik dari kalangan bawah hingga kalangan atas angkat bicara. suara dari kalangan parlemen/pemerintah menegaskan bahwa kenaikan BBM ini untuk rakyat. Dengan berbagai cara dan sosialisasi mereka gunakan untuk bisa diterima oleh rakyat. Alasan yang paling tidak masuk akal menurut saya adalah “subsidi yang dikeluarkan tidak tepat sasaran,BBM bersubsidi hanya di terima oleh masyarakat kaya, yang notabene mampu untuk membeli pertamax”

Terus terang saya keberatan akan kebijakan pemerintah ini. Bukan masalah naiknya harga BBM, tapi kebijakan menaikkan BBM kali ini tidak tepat,ditambah alasan yang tidak masuk akal.

Ada seorang teman saya yang begitu Pro dengan keputusan pemerintah atas naiknya harga BBM. Dia ber-argumen bahwa  ada penduduk lain yang perlu diperhatikan, bukan hanya di pulau jawa saja. Banyak penduduk di luar sana yang sangat membutuhkan akan BBM, karena di luar pulau jawa BBM sangat langka,mereka harus membeli dengan harga yang lebih mahal, “ search google,pesan seorang papua untuk BBM”

 

Menanggapi argument teman saya tersebut, saya jawab dengan santai bahwa fraksi-fraksi  yang mendukung adanya kenaikkan BBm tersebut jangan dipilih ketika pemilu! Karena mereka tidak pantas menjadi pemikul beban rakyat.

Pemerintah yang dipilih oleh rakyat seyogyanya menjadi frontliner dalam penyuaraan keputusan rakyat. Ingat ini adalah Negara demokrasi, yang mana semua keputusan semua tindakan diarahkan untuk,dari dan oleh rakyat. Kalau rakyat mengatakan keberatan akan kenaikkan BBM turuti itu! Tapi hingga sekarang kenyataan berbanding terbalik dengan harapan, seolah –olah rakyat hanya sekedar angin lalu buat mereka.bbm

Pertama, alasan subsidi BBM tidak tepat sasaran karena banyak orang-orang kaya yang bisa menikmati BBM subsidi tersebut.
Ini alasan yang lucu saya kira,

gini, kalau bnyak mobil-mobil orang kaya yang membeli BBM subsidi  (premium) di SPBU, kenapa tidak membuat peraturan yang kaku akan pembelian BBM subsidi (premium) di SPBU. Artinya mobil dilarang membeli premium di SPBU dan harus pertamax. Kalau dulu diberikan pilihan premium atau pertamax. Sekarang diberikan pilihan pertamax atau dorong mobil. Kalau ad SPBU yang membuka kran untuk premium,SPBU itu dikenakan denda/sanksi pidana. Gampang kan, tanpa menaikkan harga BBM.

Kedua, kalau ada alasan di luar pulau yang kekurangan BBM, itu bukan alasan juga untuk menaikkan harga. Ini permasalahn tentang penyaluran minyak yang tidak merata.

Ketiga, pemberian BLSM. Ini juga sangat sangaatt tidak tepat. Pemberian BLSM yang hanya 150rb saya rasa tidak sebanding dan tidak pasti juga dengan kepastian naiknya harga sembako,listrik,transport, dan lain-lain. Sudah jelas inflasi terus menerus dari tahun ketahun. Dan saya yakin, jumlah masyarakat miskin akan bertambah.

 

Saya disini tidak membicarakan politik, tapi ini salah satu bentuk politik yang tidak berpihak kepada rakyat.

Mohon untuk di koreksi

Tinggalkan komentar anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s