Tips berbelanja Online

Posted: 27 April 2013 in Artikel

Belakangan ini kita telah ketahui banyak sekali kejahatan berkedok belanja Online. Dengan modus penipuan Online, sang pelaku menjual barang kepada calon korban – korban mentransfer sejumlah uang kemudian pelaku tidak kunjung mengirim barang, nomor HP pun tidak aktif  – Akhirnya uang korban raib tidak kembali.

Itu hanya sebagian modus penipuan belanja Online, ada banyak sekali modus – modus yang di gunakan untuk mengeruk keuntungan ( baca.peniupuan) di  dunia maya.  Hanya saja saya disini ingin men-share tips dan trik agar anda lebih waspada dalam berbelanja Online.

pencuri460

Saya cukup gerah melihat penipu-penipu masih berkeliaran, membuat nama dunia online menjadi buruk saja. Oleh karena itu saya ingin memberikan sedikit wejangan bagi anda agar lebih waspada dan lebih bijak dalam berbelanja Online.

1.Pilih toko online yang juga memiliki toko offline

Maksudnya,selain toko tersebut mempunyai lapak di dunia online – ada baiknya mempunyai lapak/toko yang nyata. Profesionalitas disini terlihat ketika mereka mendisplay toko/alamatnya di internet.

2. Cari informasi sebanyak mungkin

Sebisa mungkin carilah web yang berbayar dan berdomain .co.id. kalau tidak ada carilah informasi dan rekomendasi dari orang-orang yang pernah belanja di tempat tersebut.

3. Jangan pernah percaya dengan Testimoni!

Lucu sekali bila ada blog atau web atau toko online yang sedang mendisplay testimoni dari orang-orang (pembeli) . Sampai sekarang saya tidak pernah melihat testimoni negative di blog/web/toko online …. Semuanya positif….. * aneh kan?

4. Nomor  Telpon Rumah

Bila toko online tersebut mengatakan mempunyai toko nyata tetapi tidak mempunyai nomor telpon rumah ( Telkom) tidak wajar. Nomor telpon rumah bisa mempatenkan posisi dari si penjual. Kalau anda masih ragu bisa cek di 108 ( layanan Telkom pelanggan)

5. SocMed

Soccial Media juga berperan penting dalam menunjukan keseriusan penjual dalam menjual barang di dunia maya/Online. Penjual yang professional dapat dilihat dari terbukanya SocMed, Twitter,Facebook, Yahoo,  Karena dengan Socmed penjual berinteraksi  dengan mayarakat,bagaimana dia menjaga citranya sendri di dunia online. Lihat komentar-feedback dari pembeli yang lain juga.

6. . Kalau anda masih ragu belanja di dunia online serahkan ke mbah google.

Caranya masukkan nomor telpon penjual, Nomor rekening, nama penjual/marketing, nama toko, dan Socmednya ke dalam Google/kaskkus/yahoo. Bila dalam google ada salah satu yang berkomentar negatif tentang toko tersebut. Tentu ini menjadi pertimbangan bagi anda.

 

Mungkin itu sekian dari tips yang dapat saya berikan agar anda dapat lebih bijak lagi dalam berbelanja di Internet.

 

 

Tinggalkan komentar anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s